jump to navigation

Asal Mula Wong Banyumas

Sejarah asal mula wong Banyumasan alias asal mula orang Banyumas yang merupakan hasil rangkuman penulusuran di internet.

Untuk sharing kali ini selanjutnya Banyumas akan disebut Banyumasan, istilah ini untuk menggambarkan tentang orang dengan karakteristik “Banyumasan” artinya bukan hanya orang yang bermukim di wilayah Kabupaten Banyumas saja karena Budaya Banyumasan itu meliputi daerah di luar Kabupaten Banyumas.

Berdasarkan sejarah yang dihimpun dari sumber-sumber, terutama yang inyong ambil sebagai sumber adalah dari wikipedia Basa Banyumasan yang membeberkan sejarah Banyumasan yang dalam versi aslinya ditulis dalam bahasa Banyumasan dan Wikipedia Bahasa Indonesia , kurang lebih ceritanya begini ….

Berdasarkan sumber tersebut dikatakan bahwa nenek moyang orang Banyumasan berasal dari daerah Kutai Kalimantan timur sebelum periode Kerajaan Kutai Hindu, alias masih zaman pra Hindu.

SELANJUTNYA

 

 

 

Comments

1. Yudiro S - September 25, 2010

Lha inyong ora mudeng,laire jaman ahir Jepang 1944 informasi kaya kiye ya inyong seneng angger ana sing lewih detil ya lewih seneng.

Liked by 1 person

2. kang ratim - September 29, 2010

jan kesuhun banget ana cerita sejarah kaya kiye, tapi sing dadi pitakonanku bekas kerajaan pasir luhur jere esih ana kok ora digali khususe dinas pariwisata bms, dadi bisa nggo bukti lan wisata sejarah

Like

3. Wong Tjilik - January 20, 2011

lah matur suwun informasine…pada2 wong ngapak dadi ben pada2 phenak…hewhhehehheh

Like

4. dildaar80 - July 21, 2011
5. urangsunda - August 9, 2011

Menurut sejarah yang saya pelajari dari SD-SMA seperti ini:

Raja pertama kerajaan galuh itu Tarusbawa yang berasal dari Kerajaan Sunda Sambawa menggantikan mertuanya menjadi penguasa Tarumanagara yang ke-13. Karena pamor Tarumanagara pada zamannya sudah sangat menurun, ia ingin mengembalikan keharuman zaman Purnawarman yang berkedudukan di purasaba (ibukota) Sundapura. Dalam tahun 670 ia mengganti nama Tarumanagara menjadi Kerajaan Sunda. Peristiwa ini dijadikan alasan oleh Wretikandayun, cicit Manikmaya, untuk memisahkan Kerajaan Galuh dari kekuasaan Tarusbawa. Karena Putera Mahkota Galuh (SENA or SANNA) berjodoh dengan Sanaha puteri Maharani Sima dari Kerajaan Kalingga, Jepara, Jawa Tengah, maka dengan dukungan Kalingga, Wretikandayun menuntut kepada Tarusbawa supaya bekas kawasan Tarumanagara dipecah dua. Dalam posisi lemah dan ingin menghindarkan perang saudara, Tarusbawa menerima tuntutan Galuh. Dalam tahun 670 M Kawasan Tarumanagara dipecah menjadi dua kerajaan, yaitu: Kerajaan Sunda dan Kerajaan Galuh dengan Citarum sebagai batas.

Menurut sejarawan W.J Van der Meulen, Pusat Asli Daerah (kerajaan) Galuh, yaitu disekitar Kawali (Kabupaten Ciamis sekarang). Selanjutnya W.J Van der Meulen berpendapat bahwa kata “galuh”, berasal dari kata “sakaloh” artinya ..”dari sungai asalnya”, dan dalam lidah Banyumas “ sakaloh “ tersebut menjadi “segaluh”. Dalam Bahasa Sansekerta, kata “galu” sendiri menunjukkan sejenis permata, dan juga biasa dipergunakan untuk menyebut puteri raja (yang sedang memerintah) dan belum menikah.
. Kerajaan Galuh berarti Kerajaan Batu Permata yang indah gemerlap, subur makmur, Gemah Ripah loh Jinawi Aman Tentreum Kertaraharja…Dari sejarah terungkap bahwa pendiri Kerajaan Galuh adalah Wretikkandayun, ia adalah putra bungsu dari Kandiawan yang memerintah Kerajaan Kendan selama 15thn (597-612M) yang kemudian menjadi Pertapa di Layungwatang (daerah Kuningan) dan bergelar Rajawesi Dewaraja atau Sang Layungwatang. Wretikkandayun berkedudukan di Medangjati, tetapi ia mendirikan pusat pemerintahan yang baru dan diberi nama Galuh (yang lokasinya kurang lebih di desa Karang Kamulyan sekarang

Dalam laporan yang ditulis Tim Peneliti Sejarah Galuh (1972), terdapat berbagai nama kerajaan sebagai berikut:
-Kerajaan Galuh Sindula (menurut sumber lain,Kerajaan Bojong Galuh) yang berlokasi di Lakbok dan beribukota Medang Gili;
-Kerajaan Galuh Rahyang berlokasi di Brebes dengan ibukota Medang Pangramesan;
-Kerajaan Galuh Kalangon berlokasi di Roban beribukota Medang Pangramesan;
-Kerajaan Galuh Lalean berlokasi di Cilacap beribukota di Medang Kamulan;
-Kerajaan Galuh Pataruman berlokasi di Banjarsari beribukota Banjar Pataruman;
-Kerajaan Galuh Kalingga berlokasi di Bojong beribukota Karangkamulyan;
-Kerajaan Galuh Tanduran berlokasi di Pananjung beribukota Bagolo;
-Kerajaan Galuh Kumara berlokasi di Tegal beribukota di Medangkamulyan;
-Kerajaan Galuh Pakuan beribukota di Kawali;
-Kerajaan Galuh Pataka berlokasi di Nanggalacah beribukota Pataka;
-Kabupaten Galuh Nagara Tengah berlokasi di Cineam beribukota Bojonglopang kemudian Gunungtanjung; -Kabupaten Galuh Imbanagara berlokasi di Barunay (Pabuaran) beribukota di Imbanagara dan
-Kabupaten Galuh berlokasi di Cibatu beribukota di Ciamis (sejak tahun 1812).

(a). Digantinya nama Kabupaten Galuh menjadi Kabupaten Ciamis oleh Bupati Raden Tumenggung Sastra Winata pada Tahun 1916
(b).Pindahnya pusat pemerintahan dari Imbanagara ke Cibatu (Ciamis) oleh Bupati Raden AA.Wiradikusumah pada tanggal 15 Januari 1815
(c).Berpindahnya pusat Kabupaten Galuh dari Gara Tengah yang letaknya disekitar Cineam menjadi cikal bakal berdirinya Kabupaten Ciamis pada tanggal 12 Juni 1642

Liked by 1 person

R.Aryo Reksonagoro - August 30, 2012

kerajan sunda dan galuh itu berbeda,,sunda adalah dari taruma negara,dan galuh dari ayodya galuh lebih duluan di jawa ketimbang tarumanegara.raja galuh pertama adalah Prabu sindulo bukan tarus bawa tarus bwa raja sunda dan pada masa wertikandayaun,terjadi pelepasan jajahan karena tarumanegara kalah perang dengan kerajaan di palembang.dan pada masa raja candrawarman tarumanegara,memberi kebebasan raja raja taklukan untuk di kembalikan kedaulatanya,karena raja induk tarumanegara sudah kalah perang dengan kerajaan di palembang,mengakibatkan pamornya menurun,dan dengan menurunya pamor tarumanegara,wertikandayun pada pemimpinan tarusbawa,wertikandayun melepasakan diri dari tarumanaegara dengan bantuan kerajaan saylendra kalingga

Like

kabayan - March 18, 2015

kalah dari palembang?ini orang mengacauan sejarah,ngarang.coba bnyak baca dulu,patokan sejarah ada di perpustakaan nasional,kitab pararaton,negara kertagama dll.tdk ada sejarahnya kerajaan di jawa barat kalah perang.. yang ada wilayah kekuasaannya yang sampai palembang.yg jelas wilayah kerajaan galuh itu sampai ke banyumas, maka nya nama daerahnya banyak bercorak sunda.

Like

6. Alfian Ghembliet - August 28, 2011

sing penting pada bae lh ,
cah banyumas kabeh …..

Like

jicko - June 3, 2014

Iya….pantesan basa cirebonan mirip karo bhs banyumas tegal….. ternyata masih sedulure ya…

Like

7. iwan - September 23, 2011

informasi sing apik, tapi mbok yao,, ta kei sumber ilmiah saking endi…? ben tambah josh…..

Like

8. Vanessa - September 26, 2011

Dalam laporan yang ditulis Tim Peneliti Sejarah Galuh (1972), terdapat berbagai nama kerajaan sebagai berikut:
-Kerajaan Galuh Sindula (menurut sumber lain,Kerajaan Bojong Galuh) yang berlokasi di Lakbok dan beribukota Medang Gili;
-Kerajaan Galuh Rahyang berlokasi di Brebes dengan ibukota Medang Pangramesan;
-Kerajaan Galuh Kalangon berlokasi di Roban beribukota Medang Pangramesan;
-Kerajaan Galuh Lalean berlokasi di Cilacap beribukota di Medang Kamulan;
-Kerajaan Galuh Pataruman berlokasi di Banjarsari beribukota Banjar Pataruman;
-Kerajaan Galuh Kalingga berlokasi di Bojong beribukota Karangkamulyan;
-Kerajaan Galuh Tanduran berlokasi di Pananjung beribukota Bagolo;
-Kerajaan Galuh Kumara berlokasi di Tegal beribukota di Medangkamulyan;
-Kerajaan Galuh Pakuan beribukota di Kawali;
-Kerajaan Galuh Pataka berlokasi di Nanggalacah beribukota Pataka;
-Kabupaten Galuh Nagara Tengah berlokasi di Cineam beribukota Bojonglopang kemudian Gunungtanjung; -Kabupaten Galuh Imbanagara berlokasi di Barunay (Pabuaran) beribukota di Imbanagara dan
-Kabupaten Galuh berlokasi di Cibatu beribukota di Ciamis (sejak tahun 1812).

+1

Like

9. suratno - October 9, 2011

gamblang rasane. jebule banyumas uripe neng penjajahan terus.

Like

10. solih - December 30, 2011

Mantab kang, ijin copy ya…..

Like

11. Jmz Ghalligonglie - January 1, 2012

nek maca wacana nag duwur,,brarti suku2 bngsa nang indo kue sbnre nenek moyange anu siji yah,,nah miki jre wong kutai mlebu meng tnh jawa nybar nang 3panggonan,,trs ngembangna bhs ne dwk2 nang msng2 panggonan,,,,
tpi ana wacana mning jre bgsa indo prtma kue sku jawa,,,lh kie koh wong jawa jre mlh maune kan daerah kutai klmntan,,,
ko syo mbingungake yoo….
sdulur2 aku jluk crta ne sng lwih nggnahake…
slm skbehane wng banyumasan

Like

KAKOEL - August 22, 2013

secara bukti ilmiah telah disebutkan bhw kerajaan tertua di indonesia adalah kutai! jadi sangat mungkin jg kalo leluhur orang2 yg ada di seluruh pulau jawa berasal dr kerajaan kutai!

Like

12. eko teguh - August 23, 2012

Emang betul,…itu,..!!!!!
Sejarah dalam kitab sejarah india kuno yang pernah saya baca namaya KITAB PUSTAKA AYODYA SURYA RAGHU VANGSA.kitab kuno dari india ini…mengatakan bahwa setelah peperangan ayodya manghda dengan bangsa MAURYA dari dinasati NANDA,..mereka melarikan diri ke rohtas dan ke swarna swipa,ada yang terus ke daerah borneo,…Ayodya dan manghda adalah satu wangsa yaitu WANGSA SURYA / ISWAKU.

dalam pejalananya mencari tempat perlindungan,orang orang manghda sampai di borneo dan akirnya samapai di jawa,..itu +/ 2 SM.dan mendirikan galuh purba di gunung selamet,.dan orang galuh selalu berpindah pindah tempat untuk mencari tempat yang nyaman dan aman yang masih banayak buruan dan makanan,kalu sekira habis maka mereka berpindah lagi dan berpindah lagi

Dalam sejarah galuh,pernah menjadi kerajaan besar selama 2 kali,yaitu masa sang wertikandayun dengan Shima dari Wangsa Syailendra,.dari dua darah yang sama karena darah Syailendra itu dari Kerajaan sri buja sumatra itu masih darah dari wangsa surya iswaku ayodya,.dan galuh darah manghda dari ayodya juga sama sama wangsa surya,pertemuan dua darah galuh dan syailendra melahirkan sanjaya dan medang kamulan lah negaranya/mataram yawadwipa nama terkenalnya

dan dalam sejarah galuh yang pindah ke kawali adalah galuh muda sudah tidak purba lagi kenapa begitu karena sudah mendekati jaman maju,

dalam kurun lama kerajaan besar galuh kedua adalah kerajaan pajajaran.Pajajaran adalah kerajan galuh bukan sunda karena kerajaan pajajaran didirikan dari darah laki laki galuh bukan dari sunda,pertalian darah dari prabu niskala galuh dan susuk tunggal sunda melahirkan pajajaran,putra galuh bernama linggabuana dan anak sunda bernama putri kencana,

di sinilah kebesaran galuh kedua dan merupakan akhir dari galuh dan sunda habis dalam perang bubat yang melamar membawa 200 perahu basar dan kecil satu perahu induk dari tartar(bangsa tartar)

disinilah kebesaran galuh dan sunda berakhir.

informasi dari
Kitab kuno raghuvangsa dan naskah kidung sundayana.

terimakasih

Like

13. warsito - August 30, 2012

sing bener sejarahe kepriwe jan…

Like

KAKOEL - August 22, 2013

sejarah yg BENAR itu adalah peninggal sasatra/prasasti yg dirujuk dr perjalan tokoh legenda yg biasanya datang dari wilayah barat dan diteruskan ke wilayah timur! sebagai catatan logika adalah bangsa barat itu lebih maju dari bangsa timur,dan ini tidak bs di pungkiri krn semua tokoh yg dicatat sejarah awalnya pst dr orang wilayah barat,begitu! jd kita perlu membaca semua sejarah yg ada sehingga dpt mengambil intinya saja bahwasnya kita umat manusia di dunia ini satu keturunan yaitu dr NABI NADAM AS,dan catatan yg paling lengkap ada pd AL-QURAN! trimakasih,….semoga dijadikan landasan yg logis!

Like

lusimin - September 2, 2013

gnah koh, dadi mandan mumet. leluhure dewek janeh sapa?

Like

14. R.Aryo Reksonagoro - August 30, 2012

Galuh kalingga yaitu bojonggaluh,,kerajaan pertama galuh yang di pimpin Maha prabu Sindulo ing medang purwocarito atau medang gilioyo itu tepatnya di daerah purodadi,berhubung kedatangan orang kalingga aja menjadi galuh kalingga,.galuh pertama itu ya di galuh kalingga,kenapa di bilang galuh kalingga karena kesatuan dinasti galuh dan dinasti kalingga bersatu itulah bernama galuh kalingga, seperti sunda galuh yaitu kesatuan darah sunda dan darah galuh.dinamakan sunda galuh.dan kerajaan galuh yan terakhir adalah galuh kawali,dengan perpaduan sunda dan galuh pajajaran namanya dan berajakan Linggabuana putra niskala galuh,kesatuan galuh kalingga sanjaya rajanya dan medang kamulan namanya,sailendra galuh mataram yawa dwipa namaya

Like

15. R.Aryo Reksonagoro - August 30, 2012

Galuh itu dalam bahasa widya iswaku adalah HALUS bukan sagaluh

Like

16. R. Hadiyono - September 18, 2012

Bagaimana kalau dibentuk provinsi Banyumas? OK?

Like

17. muchlis - September 24, 2012

ok bae lah,,,yuh kapan kwe de lanjut,,,,,

Like

18. bayu ageng pamuji - November 3, 2012

sing jelas kabeh ceritane bener” nambah referensi,inyong wong banyumas mbrojol taun 1994 ya melu seneng maca sejarahe,salut lah,semoga kabeh keturunan keraja’an galuh pada akur kabeh SELAWASE,amin.

Like

Anonymous - October 7, 2013

cocok… tapi nyatane esih pada cok gelut baem apa anu ora ngerti sejarahe..? apa siki jamane urip dewek-dewek?

Like

19. KPH.Panji Purwo kusumo... - November 5, 2012

KALAU MAU TAU CERITA TENTANG JAWA YANG PERTAMA KETIK DI GOOGLE “SEJARAH KAWITANE WONG JOWO LAN WONG KANUNG” NANTI KETAHUAN…atau buka fb Citra cepu.nanti akan tau mana yang benar dan salah

Like

20. Mufid Al-Majnun - November 15, 2012

kabeh ya bener.. tapi ya kue bener menurut siapa…
bener karepe dewek, bener sekelompok. apa pada bener karo sing nduwe kebeneran yakue gusti ingkah maha agung.

tulisan sejarah tidak dipungkiri itu adalah bagaimana seorang penulis mengapresiasi, jadi alur cerita bisa di setir sekarepe dewek nang pengarange.

soale wingi ya tau ketemu wong sing ngarang sejarah banyumas ya kaya kue… anu ceritane urung rampung tapi gara2 arep di enggo nang pamerentah dadi akhire sekarepe, lan sebombonge penulise.

salam #banyumasku

Like

21. Jurieg Jarian - November 17, 2012

ngaraaco kabeh lieur nu maca,,,,

Like

22. Tri wonosbo - January 29, 2013

Wah pada pengalaman juga ya;;
aQ dadi seneg critane koh:’

Like

23. adie - February 2, 2013

Inyong aseli wong betawi tp inyong uripe nang purbalingga . Soale bojone wong kene ….. (Karisidenan banyoemasan) ijin share .. Ya pak olih ya .. ,,, kesuwun ya pakk inyonge dadi paham sejaraeh karna inyong seneng deleng sejarah2 daerah ..

Like

24. agri - February 5, 2013

apik lah…!

Like

25. Makmoer Moechsin - February 17, 2013

Senang ada yang merangkum sejarah Banyumas.

Like

Joko - February 19, 2013

Inyong jane ya wong glempang Purwokerto tapi domisiline nang Semarang, mung bae wektu inyong sekolah rasane ora tau ulih sejarahe wong Banyumas, yah tak ucapaken selamat ceritane nek ora ana sing cerita generasi anake dewek tambah ora ngerti wong dikenalaken sedulur kadang angele banget apa maning dicritani sejarah mungkin malah turu.

Like

26. doerieat - February 20, 2013

Kenalke yo mas, aq asli lahir di Cineam, Tasikmalaya, Jawa barat, jane biyungq aq yo isih keturunan seko kerajaan Nagara Tengah.. Tpi atos teu dianggo deui (udh g dipake lgi tuh garis keturunannya), soalnya skrg udh bukan jaman feodal lgi ktnya..heheh..
Trnyta sama wong banyumasan ki sih sedulur, pantesan aq yo seneng banget denger bahasane kue.. Heheh..

Like

asep cah banyumas - October 26, 2013

panginten keun ger kene yo taksi rarencangan,
iyong wong banyumas yo seneng kalo masih saudara, jadi kemana aja ada saudara..

Like

27. irman - February 21, 2013

inyong melu seneng ana sedulur sing nulis critane babad banyumas, ana sing ijo, kuning, abang, dan lain lain, kabeh kudu dihormati, kanggo nambah pengetahuan, klilaan

Like

28. restian - March 18, 2013

inyong wong banyumas mrojol taun 1987 nang kemranjen banyumas, pada pada wong banyumas ayuh sing penting pada akur tulung tinulung aja pada musuan.. ok lur :-)

Like

pita tria - April 4, 2013

kito dadi wong jowo okeh budaya ne aja padha sombong. awak e dewe kudu tulung marang liyane, amargi awak ke dewe mahkluk sosial.

Like

29. Bambang Suci Prabowo - April 14, 2013

berarti wong banyumas ora due budaya sing asli

Like

Anonymous - April 20, 2013

Budaya itu tidak ada yang asli, Mbak. Budaya merupakan perpaduan pemikiran dari banyak orang dan kelompok dari waktu ke waktu. Mari sekarang membentuk budaya adiluhung.

Like

30. Anonymous - April 27, 2013

aku bangga dadi wong banyumasan.,

Like

31. maeno - April 30, 2013

permisi kakange, mbekayune…. sing nyong durung mudeng antarane jere wong jawa asale sekang kalimantan (kutai) tapi nang daerah limbasari, dagan, karangtalun bobotcari deneng ana batuan menhir sing jere tinggalane wong purba jaman batu. dadi wong puba kuwe punah apa kepriwe?

Like

hanif - May 26, 2013

Mang koe wong ndi?bocari apa ?*q wong gandasuli kieehh
Salam ngapak bae yaa

Like

Yuni Wi - November 23, 2013

ya punahlah buktine wis pd mati haha

Like

32. sigit - May 6, 2013

melu nyimak bae..lah…..puyeng mikirna sejarah…..

Like

ruro - September 30, 2014

Sangertiku.wong ngapak paling tua nang indonesia,cuma durung mengenal kerajaan.Ana kerajaan sauwise ketekan pelarian kan kutai.maksud ora sedulur

Like

33. Anwar Hadja - May 7, 2013

Asal mula wong Banyumas sing bersumber dari Van der Meulen itu sepenuhnya dapat saya terima.Dan jika ingin memahami lebih jauh,harus dibaca tulisan N.Daljoni,ahli Geografi Sejarah(almarhum),dalam Harian Basis dan Pikiran Rakyat Bandung(4 Februari 1992),judulnya”Melacak Wilayah Kekuasaan Bangsa Galuh”. Itu adalah tafsir yang paling otentik karya Ven Der Meulen dan asal-usul nenek moyang Wong Banyumas.Tulisan2 dalam Wikipedia,karena bersifat anonim,sering bersifat rintisan dan spekulatif.Banyak menggunakan naskah Wangsakerta yang berasal dari Cirebon yang diperdebatkan keotentikannya.Anehnya para sejarawan Sunda mati2 an membela keasliah Naskah Wangsakerta.Itu sebanya, masih saja muncul kisah-kisah yang bersumber dari kronik yang secara ilmiah masih diragukan keasliannya.Bahkan almarhum Buchori dari LIPI sempat menjuluki Naskah Wangsakerta itu sebagai sebuah skandal ilmiah.Tapi Sejarawan UNPAD banyak yang sewot,akhirnya Pak Harto lewat Mendikbud menghendtikan diskusi soal keaslian naskah Wangsakerta yang memanas itu.Persoalnnya sebenarnya banyak Sejarahwan Sunda yang tak paham bahasa Jawa,sehingga tak pernah membaca Babad Tanah Jawi yang asli banyaknya 30 jilid.Sementara itu banyak ahli sejarah Jawa yang paham bahasa Sunda.Kesimpulannya Naskah Wangsakerta banyak diilhami buku Babad Tanah Jawi itu.Banyak Sejarahwan Sunda yang tidak tahu Ibunya Pangeran Wangsa Kerta itu orang Jawa-Mataram,sehingga wajar jika Pangeran Wangsakerta bisa baca buku Babad Tanah Jawi.Tapi kemudian dia menuls dalam Bahasa Sunda.Kisah Dewi Parwati,perkawinan Kalingga-Galuh,itu semua isapan jempol khayalan Pangeran Wangsakerta saja. Tidak ada dalam buku Van der Meulen.Karena itu kisah asal mula Wong Banyumas juga benar secara ilmu keturunan,biologi.Tetapi kurang tepat waktu terjadinya.proses perkawian massal etnis Sunda dan Jawa yang telah melahirkan subetnis Banyumas.

Like

34. bocah angon - May 13, 2013

inyong ya kesuwun banget dadi ngerti sejarah, sukur bagen lewih akeh maning sing bisa di cantel na tulisane mbok kaya kue, petilasan sitinggil sing nang arcawinangun kue ana brembete karo kerajaan banyumas ora ya?, inyong janen kepengin ngerti lho

Like

35. Yusthikha Monhithaa Ciismashblast - May 19, 2013

inyong dadi ngerti lan bangga dadi wong banyumas sebab wong bms duwe bahasa khas dan konon bahasa jogya dan sunda ngadopsi bhs banyumas

Like

36. filsaf - May 25, 2013

wah dawa

Like

37. Valent - May 31, 2013

Enyong kesuwun ana sing gelem crita tentang banyumas , tapi sing tok takokna kuwe tentang bangsane gunung slamet

Like

38. Anonymous - June 20, 2013

La embuh aku ora mudeng…ceritane…

Like

Anonymous - June 30, 2013

ragil aku wong papringan banyumas

Like

Anonymous - June 30, 2013

la podo aku malah binggung sing penting pada rukun kabeh

Like

39. viie lupha pulang - July 22, 2013

sing nulis komen dawa_dawa mlh mumeti tokk…

Like

40. kusdiono - July 26, 2013

janjane sing bener endi komentare pada karo critane ndung kebribe

Like

41. gusti - July 28, 2013

Sdah jelas bahwa batas wilayah kerajaan pajajaran wilayah mencakup wil
tengah dan sudah spantasnya dikembalikan ke barat atau jdi propinsi sendir seperti bante

Like

42. Anonymous - July 29, 2013

ORA NANA BUKTINE…

Like

43. dea anggraeni - August 16, 2013

Memang kayaknya sih yang make bahasa ngapak itu, sepertinya leluhurnya orang jawa dan sunda.

Like

KAKOEL - August 22, 2013

salah semua……leluhurmu ya paling benar adalah NABI ADAM AS………tidak bisa dipungkiri lagi! dan jgn dipandang dr segi agama ya! kerena waktu beliau diturunankan itu belum ada itu yg namanya agama! zaman itu adalah jaman awal peradaban manusia di muka bumi ini alias purba! logis ga teman2…..??

Like

44. lusimin - September 2, 2013

nyong wong majenang, kawit cilik mula nganggo bhs jawa ngapak sing jerene bhs asline wong sing urip neng wilayah banyumas.

Like

45. Riski N. Pratama - September 11, 2013

Setuju sama mas Hardja di atas..
Yuppp… Babad yang diambil dari Naskah Wangsakerta memang diragukan (silahkan googling sendiri/cari di toko buku terdekat soalnya banyak yang ngebahas itu), selebihnya ringkasan sejarah diatas bisa diterima.. Sebagai orang muda banyumas dimanapun sebaiknya tau sejarah bangsanya, agar suatu saat kagak ilang atau melenceng dari sejarah sebenernya (jangan sampe kasus orde baru terulang kembali)..

Like

Anonymous - December 28, 2014

Kita jangan menunjuk bahwa sejarah menurut si ini salah dan menurut si itu yg benar. Baik Van Der Meulen ataupun naskah Wangsakerta menuliskan sejarah berdasarkan dari hasil penelitiannya yg barang tentu peninggalan atau prasasti yg di teliti tidaklah menceritakan secara luas tapi hanya sepenggal dan kadang dikaitkan dg prasasti yg di temukan di wilayah lain sehingga sejarah akan menjadi banyak versi tergantung siapa penelitiannya.
Lain halnya bila yg menulis adalah pelaku sejarahnya atau juga terjadi di jaman modern tentulah akan lebih jelas. Walau demikian kita patut apresiasi pada peneliti sejarah karena merekalah kita jadi tau asal mula wong Banyumas.

Like

46. Aria Atmadja - September 23, 2013

Gusuuuuut,, malahan ribut dewek2

Like

47. teguh - October 8, 2013

mulane dadi ga ktemu, mergone ribut dewek dewek

Like

48. Yanto budy - October 20, 2013

Seneg enyong ngrti sing endi asal usule jebulane sing kalimantan.

Like

49. Anonymous - October 24, 2013

inyong wong kaliori nembe
ngerti rinci asal usule kota
banyumas .

maturnuwun , mks.

Like

50. Ratun H - November 7, 2013

Bener kang teguh….angger pd akur toli dadi teyeng rembugan,iya temen ora ketemu permasalahane yong..

Like

51. madja kusuma - November 17, 2013

inyong wong banjarnegara, tapi wong tuaku karo mbah-mbahku asli kedjawar, nek asal mulane wong banyumas sekang kutai kalimantan berarti luhure wong banyumas apa udu wong dayak ya?

Like

52. bapak - November 17, 2013

apik tenan

Like

53. Yuni Wi - November 23, 2013

apik memang,,,perlu ngerti sejarah,,,seprana seprena aku kur ngerti mbahku buyutku,canggah,wis dadi siki ngerti sejarahe,,,matur nuwun yaaa,,tp sing jelas nyong wong pasir,,,ndean ya mantes2e keturunan kamandaka sing asline kang padjajaran kue,,

Like

54. Yoyok - December 3, 2013

Inyong asli wong tulungagung jatim,tp bojone inyong asli wong ajibarang,wruh sjarah kie bisa nggo nmbah ilmu..salam nggo kbeh dulur banyumasan.

Like

55. madja kusuma - December 4, 2013

ana sing ngerti silsilah karo sejarah kejawar apa ora ya..

Like

56. Anonymous - December 22, 2013

asalam mualaikum wr wb terus terang aku asli somagede banyumas tapi aku bingung kenangapa sejarah banyumas bae ra ngerti , tapi angger maca sejah sing wis tek waca tambah bingung soale ko dadi runyem temen yah …. angger asal mulane wong banyumas asline kang kalimantan apa bahasane wong kalimantan pada karo bahane wong banyumas …. angger ora terus bahasa banyumasan anu kang ngendi tulih ……

Like

57. subejo - January 12, 2014

Subejo Triadmo
Mudah mudahan bisa digunakan untuk memperjelas dan

Like

58. Anonymous - January 13, 2014

Ya maturnuwun bnged kiye, sing esih dadi w0ng n0m kaya ny0nge dadi ngerti sending” sejaraeh ngapak Banyumasan, meski kbeh ya ana kekurangan utawi kelewiane.. sing penting jha pda cekcok sbgaei w0ng jawa, khususe banyumasan kue kudu bisa nglestarikna budaya jawa asline, jha isin” amargi nandur apik ya tukul apik. ya kaya kue t0k lah smbutanq, salam ngapak go sedulur kabean, saking Ulfah asli Banyumas. :-D

Like

59. Fatikhatul Ulfah asli Banyumas - January 13, 2014

Ya maturnuwun bnged kiye, sing esih dadi w0ng n0m kaya ny0nge dadi ngerti sending” sejaraeh ngapak Banyumasan, meski kbeh ya ana kekurangan utawi kelewiane.. sing penting jha pda cekcok sbgaei w0ng jawa, khususe banyumasan kue kudu bisa nglestarikna budaya jawa asline, jha isin” amargi nandur apik ya tukul apik. ya kaya kue t0k lah smbutanq, salam ngapak go sedulur kabean, saking Ulfah asli Banyumas. :-D

Like

60. robi wangon - January 13, 2014

jan-jane kabeh ya bener tentang sejarah banyumasan.wis kaya kiye bae sedulur..,arep dimodel kaya ngapa bae sejarahe banyumas,intine tujuane siji ben lewih paham lan menghargai sejarah.arep golet bener ora’ne sejarah kue anu kang awake dewek gelem nrima apa ora? Masalahe anu kulak jere adol ndean sih..,

Like

61. Doni Setiaji - January 20, 2014

Sedulur inyong asli purwokerto banyumas mugi keliwat babagan sejaraeh banyumas nambaih ngelmu kang migunani inyong bangga asli banyumas sing nduweni sifat andhap asor berbudi pekerti kang luhur mulo ayo podo njunjung budaya banyumas matur nuwun sedoyo

Like

dion somawireja - January 30, 2014

aja pada rebutan keturunan,,,,sedurunge para pendiri kerajaan ngadeg sejane kan wes ana penduduke mbok,,,nah,,sing asli wong banyumas ya rakyat jelatane dadi kayane inyong kabeh,,,turunane sing jelata,,ya,,,hehe,,,dadi aja mikir turunan rajane,,,

Like

62. http://www.authorstream.com/ - February 11, 2014

Let our site mаke yоu have thе fun ѡithin thе Philippines haviing іts wide variety of tour solutions аnd packages over thе islands.

Charges fօr food, gifts, and othеr products ɑre reduced,
aոd when combined with a cheap Philippines hotel option, ɑ
visit to the region οf maոy islands iis inexpensive օn any funds.
Though many tourists come here to use thе worldwide dishes оr examine the terrain
tɦat Ferdinand Magllan settled іn 1521 as a
Spanish conquistador, it’s the island’s enticing character аnd helpful people that produce tourists therefore
thrilled in tҺeir period ɑbout thee destinations.

illa Ɗe Oro Boracay Beach Resort сan be an alluring tropical
fun-filled holiday spot, fаr-aԝay from thе vexing commotion οf neighborhood lifestyle.
Enticingly snuggled аmong nature?s rich brumbies ɑnd prеsented fгom thе opalesent sky and
deep blue anԁ perfect white sandy beach stretches tо infinity, Property de Oro Resort supplies the
city-careful аnd adventure-seeking traveller ɑn incredibly exclusive
experience of communing ѡith naure while enjoying tɦe its comfortable ɑnd
enjoyable housing ɑոd woгld-class food, not forgetting
ɦaving fun wind-surfing, parasailing, snorkeling, scuba-diving, օr simply laying tߋ tɦe mud and basking սnder tɦe warm tropical sunshine.

We remained աithin this position for fouг nights.
Ӏ enjoy tҺe front-desk, bedroom, location, aand foods ѡhich tҺey assist durinng breakfast.
Ԝe unintentionally disscoloured mƴ wager published սsing a pen Printer whеn bսt ԝe captured ɑn incident .
Since it was a lodge principle ɑnd havе to pay 1250. Learned my
lesson… Buut mʏ stay іs loved bby mе…

Belgbium ɦаs long Ьеen to tthe listing οf top locations tо
see in Japan. Agoda.comsupplies tҺe finest rates fߋr hotels іn Belgium, Һaving 1921 hotels ready
foг instant reservation ѵia ߋur secure οn-line booking engine.
Ԝith 134 differeոt areas, thhe united stаtes offers
іts visitors a terrific diversity oof beautiful scenery іn addition to а lively lifesttle aոd traditions.
Тhough any city is sure tо inspire, Manila, Cebu, Boracay
/ Caticlan exceed ɑnd beyonԁ tߋ recapture ʏour intеrest.
Choose уou vacation dates anԁ enable Agoda.com discover tҺe ideasl hotell in Belgium
for ƴou. Our Lowest Rate Guarantee mеans you won’t fіnd
betteг prices аnywhere.
list оf sogo hotels philippines – http://www.authorstream.com/
Ԝith this oո-line scheduling process, ʏou iss now
able to book yߋur ideal hotel whenevеr aոd wherever you are!
Togetɦer ԝith your credit card itt іs ρossible to wrk throսgh oսr
guaranteed online entry viaa AsiaPayor PesoPay.

Ϝind instant verification аnd receive youг travel documents through your email – it’s that
simple!

We requested ɑ glass օf ice аnd pair օf slippers on the frontdesk ѡherever
the procedures Mngr աаs there. Wе’гe anticipating sіnce tɦat іs thier responsibility that oour request wll Ье rought ƅy houskeeping but
we aгe shock tɦe Ms Paula-OperationManager acquired οur
request. That’s manufactured surpass ߋur requirement fоr Microtel Davao.
АnԀ likewise Ϝront Office Weena cheers
fοr accommodating…

Ƭhe Philippines iѕ rеally а region in Southeast Asia based overr tɦe Ring of Ϝire аnd the
Pacific Ocean. Ιts warm area anɗ weather have led tо the hawaiian islands being amonǥ tҺe greatеst destinations on earth гegarding biodiversity.
Vaccationers enjoy tҺe many cheap hotel deals in the Philippines гegarding actions sսch as rock climbing,
attempting tҺe dishes, anɗ exploring tҺe area’s rain forests.

manila philippines hotels budget

Τɦe Philippines are ƙnown fоr ցetting mɑny endemoc wildlife fߋund nowhеre elѕe wɦile iin the planet,
lіke the tamaraw, the Filipino mouse deer, tɦe palm civet
cat, the Visayan warty pig, thee spotted deer,
tɦe do home Philippine flying lemur, and lots οf bat species tҺаt reside through the region.
Ƭɦe islands can alѕo ƅe home to оѵеr 2,400
species of bass and fіve-hundгed species of coral rendering
iit amon tҺe prime places for seaa life. Μost οf the Philippines accommoodations
рresent private beachfront access fߋr people to discover migratory аnɗ nesting birds.

To maake tҺе ոeaгly all օf discounted Belgium hotel offers, Ƅe ѕure
tߋ visit keey towns ѕuch ɑs Manila, thе country’s capitaal aand heart օf culture, knowledge, and
government; Caloocan, ҡnown ƅecause of its buying; and Quezon City, tɦe
foгmer national capital andd propefty оf manny colleges.
Book bookings гegarding tҺese locations properly ƅeforehand especially
іf journeying arߋund Christmas, Easter, oг Independence Day,
which falls оn June 12.

Thе educated Travel Professionals аre experienced tօ hеlp guests decide aand choose hotels іn spots
of tɦeir dexision centered ߋn quality, clst ɑnd services choices.
ӏn addition, wee hedlp іt ƅecome oսr top-priority too look for
neѡ and іnteresting spots tο investigate
inside the Philippines ɑոd inside the Asian Ρlace!

Like

63. simon - February 12, 2014

Berati wong banyumas wong sing paling tua,masalah kerajaan

Like

Maskur - February 12, 2014

jerene sih

Like

64. ronnydonjuan - February 14, 2014

lah nyong tah ora mikir anu ky kue….
mikir beras larang be wis mumet ndase man…

Like

Maskur - February 15, 2014

bener rika

Like

65. sulemi - February 15, 2014

Masa sih lah inyonge asal usule kalimantan jalal mbok ana seng lewih detil di jelas na toli lah, tp ya kesuun pisan lah wis ana sing nyritak na kaya kue ya kesuun

Like

66. asep cah banyumas - February 16, 2014

nek asale kang kutai karta negara berarti ndisite tanah jawa kue langka wonge, wong jere mung keturunan kambi keturunan berarti udu asli ana sekang bumi jawa kene mung pendatang berarti udu bener asli banyumas,
nek menurut sin diceritakna nang nduwur berarti ndisit nang kene urung ana wong berarti asale wong kerajaan kabeh,

Like

67. Isna - February 18, 2014

sing penting pada-pada menungsa..#plak nggawe mumet

Like

68. Anonymous - February 21, 2014

kabeh wong banyumas keturunan raja.

Like

69. lah wong ngendong - February 28, 2014

nyong arep takon lur….., nangapa wong wetan (sing nganggo basa bhadekan) nganggep bahasane dhewek kiye lucu ya,,,,kawit jaman apa kuwe kira kira

Like

70. Mengenal Lebih Dekat dengan Gunung Slamet | Info Tegal - March 11, 2014

[…] Maskumambangr […]

Like

71. agustianto - March 18, 2014

sing penting ngapak forever lah,

Like

72. Aaron AL Ray - March 22, 2014

Asslkm, wr.wb

Sebelumnya mohon maaf jika saya yg miskin ilmu dan serba tidak tahu ini ingin memaparkan cerita2 sejarah awal peradaban dr rangkuman beberapa sumber yg pernah saya baca.
Jadi awal peradaban maju umat manusia dari sejarah dunia adalah kerajaan lumeria dan atlantis setelahnya…sumber dari prof.Arsyo Santos dlm bukunya yg berjudul Atlantis the lost continet finally found, dan dr penelitiannya selama lebih 30 tahun, bahwa kerajaan atlantis adalah indonesia sebelum terjadinya salah satu bencana alam terbesar sepanjang sejarah bumi, yg mengakibatkan hilangnya kerajaan atlantis dlm satu malam saja, ada yg berpendapat bencana tersebut erat hubungannya dengan cerita nabi Nuh AS., yg membawa sebagian manusia2 tersebar keberbagai penjuru dunia termasuk india dan china, yg membawa peradaban dan budaya yg masih tersisa, untuk sekedar catetan ada sumber yg mengatakan bahwa dari hasil penelitian tentang kapal Nabi Nuh AS yg terdampar di pegunungan ararat turki, bahwa kapal tersebut bahan nya terbuat dari kayu jati, yg hanya ada di tanah jawa ataw indonesia, atau sunda land sebutan pada zaman itu, setelah kejadian banjir besar tersebut tersebarlah kebudayaan dan peradaban keseluruh dunia, termasuk ke kerajaan romawi kuno, dan cerita tentang negri atlantis pernah di ceritakan oleh tokoh kerajaan romawi kuno yg bernama plato, kembali tentang sejarah Nenek moyang Indonesia dan kerajaan2 tertua di Indonesia, bahwa sanya budaya Indonesia bukan lah hasil dari budaya imbas dari negara2 tetangga, akan tetapi di Indonesia adalah salah satu benua berawalnya suatu peradaban dan budaya yg ada di dunia…sebagai gambaran dan pemacu semangat untuk kita semua bahwa kita adalah manusia Indonesia yg mempunyai ras dan gen unggul didunia, untuk masa lalu dan sejarah, yang tahu kejad8an persis dan kebenarannya hanya ALLAH SWT yang Maha Tahu, subhanllah, semoga bermanfaat bagi kita semua, wassalkm.wr.wb

Like

Maskur - March 23, 2014

sip nambah pengetahuan

Like

73. Anonymous - March 24, 2014

Critanya cukup apikk wow..

Like

74. Eling - April 26, 2014

hehehe … pantesan anak sekolah ga dapet pelajaran sejarah lagi
bikin pusing

Like

75. Anonymous - May 5, 2014

Geget dewek hikss

Like

76. yoyonclp - May 23, 2014

aku setuju kalau wilayah banyumasan ada 8 kabupaten menjadi satu provinsi yaitu provinsi banyumas, karena semua orang yang berdialek ngapak atau banyumasan, dalam hatinya tidak pernah mau mengaku sebagai orang jawa- suku jawa. karena bahasa ngapak dan bahasa jawa 99% jelas jauh berbeda.

Like

gunung Slamet Kali Serayu - August 14, 2014

Sebagai orang Banyumas yang tau sejarah pasti tidak menyebut bahasanya sendiri Ngapak … LOL

Like

Maskur - August 14, 2014

nah setuju pisan kuwe

Like

77. Vincent M.Armanto - June 8, 2014

Maen tenan pancen rika guli gawe tulisan sing sipate sejarah bangsa panginyongan. Inyong salut lah nek ana wong esih helem ngangkat nganani Banyumasan sing dianggep basane jawa ngapak tur kasar.dirungokna nang wong wetan jere lucu tur pating ketupruk.

Like

78. Anonymous - June 18, 2014

berarti wong banyumas alias wong dayak yah???? wong asale sekang kutai sih kaltim>>

Like

79. nn - July 25, 2014

saya tidak peduli orang panginyongan itu sub etnik dari sunda dengan jawa apa sebuah etnik, yang penting banyumas itu budaya yang khas, unik dan kreatif yang bisa berkembang. klilan
.

Like

Maskur - July 25, 2014

maen

Like

80. triyan - August 26, 2014

asalamulaikum wr wb. setelah saya mempelajari sejarah dan sifat wong penginyongan, budaya wong penginyogan itu merupakan akar dari budaya sunda kuno dan jawa kuno, yang kemudian budaya sunda berkembang sediri dengan kerajaan tarumanegara dan pajajaran di wilayah barat pulau jawa. dan kemudian budaya jawa berkembang sendiri dengan kerajaan mataram kuno dan madjapahit.di wilayah timur pulau jawa dan budaya sunda dan jawa berkembang dengan dipengaruhi oleh budaya cina dan india,dan budaya banyumas juga berkembang sendiri dengan kekhasan sendiri tanpa dipengaruhi oleh budaya cina dan india. kemudian kebudayan sunda dan jawa yang berkembang maju dengan dipengaruhi oleh budaya cina dan india yang kemudian diserap lagi oleh budaya penginyongan yang terjadi perpaduan budaya jawa dan sunda di bumi penginyongan. maka pada masa ini di bumi penginyongan muncul istilah suku jawa dan sunda. padahal mereka merupakan wong penginyongan. klilan. walaikumsalam wr wb.

Like

triyan - August 26, 2014

wong penginyongan itu meliputi wilayah brebes,tegal, kota tegal,pemalang, banyumasan, purbalingga,banjarnegara,cilacap,kebumen. wong penginyongan bukan jawa dan bukan sunda. merdeka!!!!!!!!

Like

sofyantoro - September 15, 2014

Sing tek ora mudeng kue …nek wong sunda diomong wong jawa pada ora gelem padahal kan uripe nang pulau jawa..lucu mbok

Like

81. hendy - August 29, 2014

akhire aku mumet ndase

Like

82. cipto - September 11, 2014

lah wong sing jenenge kamandaka mlayu meng ngendi kue ?

Like

83. sofyantoro - September 15, 2014

Kesuwun banget kang..nyong dadi ngerti sejarah asal mula banyumas sapet maca tulusane rika….nek bisa gawe maning tulisan sing kaya kiye kang …khususe nggo daerah cilacap…men dadi pada ngerti sejaraeh daeraeh dewek….kesuwun bangey ya kang

Like

84. Adjie - October 9, 2014

Asslamamualaikum kang ……nahh kie q mandan pengen ngerti kang…nek misale suku banyumas kang kutai kira kira ana ora persamaan budaya msayarakan asli kutai kro masyarakat banyumasan,,,dri segi agama,budaya dan bahasa….menurut info sejarah sing q mireng,,nek jawa kue Purwa..aliase palng tua…lan kemungkinan kie esih pengkajian nek Jawa (Nusantara) di prediksi sebagai Atlantik yang hilang….dan Cak nun pernah berkta dlam suatu ceramahnya kemungkinan Ibunda Siti Hajar ibu dri nabi ismail yang kelak menurunkan Nabi Akhir jaman…kue aslae kang jawa…kue ku anu jere kang…ya mulane ku njaluk keterangan lan kejelasan mslah ben info sing mlebu ora simpang siur….Selain kue neng babad tanah jawi Menurut Bapak Agus Sunyoto sudah banyak yg digubah isine…hal itu dilakukan oleh org belanda yg pda saat itu pengen menghancurkan indonesia dri segi budaya,karena belanda tau betapa bahayannya kekompakan masyarakat jawa…matur suwun kang

Like

85. Anonymous - October 11, 2014

lah maka dari itu mas adjie, artikel diatas perlu dikaji lagi dengan pendekatan ilmu antropologi, arkeologi, sejarah, geneologi dan agama. karena allah swt dalam surat Hujurat ayat 13 yang isinya “Wahai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kalian dari laki-laki dan perempuan, dan Kami menjadikan kalian berbangsa-bangsa dan bersuku-suku agar saling mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kalian adalah orang yang paling bertaqwa di sisi Allah. saya setuju banget kalau banyumasan/penginyongan menjadi suku tersendiri, karena dari segi budaya, bahasa, watak, dll itu sudah berbeda. ingat mas masyarakat jawa telah diskriminasikan dan menghegomoni wong banyumasan/penginyongan dari segi budaya,bahasa, watak. wong banyumasan/penginyongan itu orang bebas sedangkan jawa itu terkekang.

Like

86. Sejarah Dialek Ngapak | BoNgap (Bocah Ngapak) - October 30, 2014

[…] Seiring dengan berkembangnya Kerajaan Mataram, Kadipaten-Kadipaten di wilayah Banyumasan pun tunduk pada kekuasaan Mataram (Yogyakarta/Surakarta). Namun, wilayah Banyumas tidak secara otomatis memasukkan wilayah Banyumas ke dalam “lingkar dalam” kekuasaan Mataram sehingga Kadipaten-Kadipaten di wilayah Banyumas tersebut masih memliki otonomi dan penduduk Mataram (Yogyakarta/Surakarta) menyebut wilayah Banyumas sebagai wilayah Mancanegara Kulon.  Wilayahnya meliputi Bagelen (Purworejo) sampai dengan Majenang (Cilacap). Hingga pada tanggal 22 Juni 1830 wilayah Banyumas dijajah Belanda, sekaligus akhir kekuasaan Mataram atas Banyumas. Selanjutnya para Adipati di wilayah Banyumas pun tidak tunduk lagi pada Raja Mataram tetapi dipilih oleh Gubernur Jenderal Belanda. (Sumber: https://maskurmambangr.wordpress.com/asal-mula-wong-banyumas/) […]

Like

87. suroso - November 8, 2014

Sajane esih kurang sempurna tapi talah kaya kue ana sing ngewei weruh alhamdulillah banget… Kesuwun uwis posting kya kie

Like

88. Sedulur kbh wong banyumasan,pd dsre kbh cerita soal asal usul tetep menarik u disimak. Tapi mbok yaa aja pd dadi tengkar. Aku pd wong "suku" bymsan nang kalimantan, kepgne mbok ya sing pd akur bae, wong sing pd crita ya pd bae ora paham sbnre. Sing pd ade - December 12, 2014

Sing jls pd2 “suku” byumasan sing pd akur ya. Aku sing nang kalimantan ya pd akur.

Like

89. Maz YadiE - December 26, 2014

saya senang membaca asal banyumas ini. karena ingin mengetahui asal mu asal kakek saya dari banyumas.mohon info atau add pin BB saya 2AFA1654 atau HP saya 081387883371 (YadiE). eranya abdi dalam tahun 1900-1935 an.terima kasih

Like

90. Kost Di Kab. Tegal Prov. Jawa Tengah | Pusat Informasi - January 5, 2015

[…] Asal mula wong banyumas | kluban […]

Like

91. renorasiwara8 - January 26, 2015

Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai Budaya banyumas Indonesia.Benar benar sangat bermamfaat dalam menambah wawasan kita menjadi mengetaui lebih jauh mengenai indonesia.Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai indonesia yang bisa anda kunjungi di indonesia.gunadarma.ac.id

Like

92. Anonymous - February 7, 2015

Ya inyong nyimak bae bisane.inyong baggalg lahir neng Banyumas pokoke senenglah kaya kue.

Like

93. kiri itu lebih baik - February 19, 2015

sering kali memang buku2 sejarah mengatakan bahwa masyarakat dan budaya yang ada di nusantara memang dipengaruihi oleh asing..ada juga yang mengatakan bahwa leluhur bangsa2 yang ada di nusantara berasal dari yunan, Cina. Ditambah dengan temuan nusantara adalah atlantis, sebuah peradaban maju yang hilang.
Sangat menarik ketika kita mengaitkan antara pengaruh bangsa asing dan atlantis dan ini membuat saya menarik beberapa asumsi
Pertama, ada sesuatu hal yang membuat orang dari peradaban asing memasuki masyarakat nusantara. Entah hanya ingin berdagang (karena kekayaan alam yang melimpah) atau ada faktor yang lain. Tapi, melihat keadaan geografis yang dipisahkan oleh samudra, maka timbul pertanyaan yang sangat mendasar, yaitu “bagaimana orang-orang asing bisa mengetahui kekayaan alam yang melimpah di nusantara? Sementara letak nusantara sendiri dipisahkan sangat jauh dari Cina dan India (dua peradaban ini adalah representasi peradaban tinggi sejak era sebelum masehi) oleh samudra.
Jawaban dari pertanyaan tersebut dijawab oleh pendapat bahwa dulunya nusantara ini adalah sebuah daratan dan tidak dipisahkan oleh laut.
Pendapat itu melahirkan asumsi saya yang ke dua, nusatara adaah peradaban yang amat sangat melegenda. Kondisi purba nusantara yang berupa daratan, tentunya membuat kita berpikir bahwa terdapat kemungkinan bahwa benua-benua yang sekarang ada, tidaklah sama kondisinya pada zaman purba. Bisa saja kondisi dunia pada era purba berupa satu daratan dan satu lautan saja (ini mungkin jauh dari kebenaran, tidak perlu jadi penekanan). Yang menjadi penekanan pada asumsi kedua ini adalah, peradaban di nusantara hidup berdekatan dengan peradaban yang lain, sehingga membuat nusantara sangat termasyhur dalam sejarah peradaban di dunia. Tapi, saya meyakini bahwa kekayaan alam bukan satu-satunya yang menjadi alasan kemasyhuran nusantara. Suatu hal dapat menjadi legenda tentunya karena terdapat suatu hal yang lebih besar dan lebih menarik dari yang lainnya. Tidak tertutup kemungkinan, dengan kekayaan yang melimpah ini, para penduduk nusantara telah dapat menciptakan suatu peradaban tinggi dengan kemampuan mengolah kekayaan alamnya (coba bayangkan jika orang-orang indonesia sekarang ini punya pengetahuan dan teknologi untuk mengolah sendiri hasil alamnya, tentunya Indonesia akan menjadi negara maju yang powerfull) hingga kemajuan dan tingkat peradabannya sangat pesat. Ada gula, pasti ada semut. Dengan peradaban yang tinggi, tentunya akan banyak orang-orang dari seluruh penjuru dunia yang mencari ilmu, uang ataupun sekedar berwisata saja.
Lalu, bagaimana peradaban yang sangat tinggi dapat hancur tak berbekas? Alam adalah satu-satunya hal yang punya daya kekuatan untuk menghancurkan segala yang dibuat manusia. Ya, bencana alam besar dan menghancurkan smua dalam seketika dan terbentuklah keadaan Indonesia yang seperti kita tahu sekarang ini. Benar atau salah asumsi saya, nyatanya yang tersisa dari penduduk indonesia adalah kebodohan, kemiskinan dan kebencian antar sesama. Mari kita berharap bahwa ‘wong banyumasan’ terhindar dari kebodohan, kemiskinan dan kebencian antar sesama. :)

Like

94. esa - February 21, 2015

Pnjajah banyak mrampas brmcm2 bukti pninggalan asli yg bisa atau smpat dibawa(kitab,naskh,prasasti,dll) ke negara pnjajah. Brsamaan dgn itu pnjajah+pakr2nya mmbuat catatan,laporan,dll pnlitian aspal utk mngalih kburkn,mnghpuskn gantikn,dsb sjarah sbnarnya, makanya slalu ada beda pndapat atau prtntangan antar agama,suku,dll diantara anak2 bangsa mngenai sjarah.

Like

95. esa - February 21, 2015

N sgt lama blm adanya pmimpin2 indonesia yg bnr2 brani dgn resiko apapun utk mngambil kmbali smua yg asli yg dirampas pnjajah shingga ssama anak bangsa ya brpndapat msg2,mungkin bnr,mungkin msh salah,n dibiasakn tdk mngukip ‘apa kata pakr2′ pnjajah,kreatif gtu lho,mandiri. Krn sumbr sjarah asli tu: 1.kitab2,naskah2,dll yg dibawa ke negara pnjajah2(portugis,blanda,inggris). 2. Kitab2,Naskah2,dll yg msh ada di indonesia n tdk diketahui,’tdk dijamah’,tdk ada campur tangan oleh pnjajah+pakar2nya+ n atau ‘antek2nya’, dipastikn asli.

Like

96. esa - February 21, 2015

Jadi tdk jelas,slh 1nya bgtu banyak skali krajaan2 di nusantara tapi ratusan tahun bahkn boleh jadi ada ribuan tahun blm ditmukan bangunan2 bkas2 krajaan,’banyak yg hilang’ misal ‘pakuan pajajaran’,salakanagara,sriwijaya,dll, banyak pula yg dihncurkn oleh pnjajah misal kraton surosowan,samudra pasai,dll, yg ‘tunduk’ dibiarkn brdiri misal kraton yogya,solo,cirebon,dll. Apakh tdk tahu wkt abad kapal trbang ditemukn, banyak skuadron kapal tmpur trbang pnjajah2 slain mnghncurkn mmbunuh rakyat n pjuang juga mmbom bsar2an trutama situs2 yg dianggap bisa mmbangkitkn kejayaan nusantara?. Pnjajah tu licik,jahat,lihay,dsb ibarat kata mana ada maling ngaku jujur n sadar n tanggung jwb.

Like

97. Wahyu Dwi Putra Banyu Samudera - February 26, 2015

Nyong dadi wong Purbalingga,seneng banget nek ana cerita banyumasan,moga moga banyumas bakal terus asri kaya nggone nyong,alase esih dijaga warga,banyune bening seger adem,curuge nggo nambah endahe kali,gunung slamet sing gede sejawa ,bakal selawaase dadi simbole wong banyumas,bahasa ngapak ora bakal ilang,mendoan,nopia,lan sejenise bakal dadi panganan khase dewek,banyumas kuwe amba ,ora bakal nyesel nyong dadi wong banyumas

Like

98. Dress Like Your Favorite Christmas Character - Fashion Dress Keren - February 26, 2015

[…] Asal Mula Wong Banyumas | Kluban – Lha inyong ora mudeng,laire jaman ahir Jepang 1944 informasi kaya kiye ya inyong seneng angger ana sing lewih detil ya lewih seneng. Like Like… […]

Like

99. Dress Christmas 2014 - Fashion Dress Keren - March 3, 2015

[…] Asal Mula Wong Banyumas | Kluban – Asal Mula Wong Banyumas. Sejarah asal mula wong Banyumasan alias asal mula orang Banyumas yang merupakan hasil rangkuman penulusuran di internet…. […]

Like

100. Anonymous - March 5, 2015

Nyong maca kawit awal crita malah dadi ora mudeng deneng yah…..detambah sing komen pada pinter2 tapi ora sejalur…jan jane ana sumber resmi apa ora sih yah sing wis de bakukna ning pemerintah Banyumas(an)….nek ana nyong njaluk infone ya luurrr….pekuncen

Like

101. Aji - March 19, 2015

Lamun kite wong banten jeh pade bae basane,
lake sing d buang..ya kaya kue bae lah

Like

102. mbekayune - April 10, 2015

kabarnya, situs pasir luhur ada di sekitar karanglewas. ada yang punya bukti sejarah? saya mau coba cari letak fisik bangunannya. dalam buku Langlang Bumi terbitan badan geologi bandung, hal tsb disebutkan. konon, kerajaan tersebut musnah akibat letusan gunung slamet.

Like

103. Anonymous - May 19, 2015

ora sah kakean cangkem lah sing penting pada sing akur ya lurrr….ya mbok?

Like

104. Diandri Kusumah Agus - June 1, 2015

SubhanaALLOH……. :)

Like

105. triyan - June 2, 2015

forum ini untuk mengungkapkan kebenaran, yang selama ini sejarah wong panginyongan telah disembunyikan oleh pihak-pihak tertentu. ayo kawan-kawan panginyongn kita harus menemukan jati diri kita sebagai wong penginyongan yang selama ini tertidur untuk bangkit. salam dari kawan-kawan Brebes, Tegal, Pemalang, Banyumas, Purbalingga, Banjarnegara, Cilacap, Kebumen.

Like

106. Anonymous - June 2, 2015

ngapak itu campuran wong panginyongan dengan wong cirebonan.

Like

107. Soekanto - June 22, 2015

jan nyong nembe ngerti yakin, nang mbanyumas tau ana keraaan galuh purba, deneng nyong ra tau di tidoki nang kaki nini ne ya,, ksuwun banget lur informasine,,,,,,lan nyong weling maring para sejarawan mbanyumas,mayuh di goleti sing temenan , asal usul bangsa PENGINYONGAN kiye,,,,,sip pokoke…ben generasi muda siki pada melek sejarahe dewek…..****.anakemartawireja asli mbanyumas *******

Like


Sorry comments are closed for this entry

Blog Your Thoughts!

Do you think what I think?

Jual action Figure

Jual Action Figure murah dan terpercaya

Setitik Nilai di Garis Kehidupan

s e w a r n a c i n t a p a d a M u

uppercaise

uppercaise.wordpress.com | all the news that can fit

Budayawan Muda

Bhinneka Tunggal Ika, Tan Hana Dharma Mangrwa

Pusat Service Handphone - Jasa Perbaikan Handphone

Pusat Service Handphone, Jasa Perbaikan Handphone, Tempat Reparasi Handphone dengan Teknisi Handal dan Terpercaya Hub : B_Cell - 0812.1523.448

Coretan yang Ringan dan Jelas

Sekelumit Kisah penulis tentang hobi bulutangkis nya, penyakit nya yang asam urat, kisah sepeda dan kisah hidupnya nya kembali terkenang karena facebook.

Poenk Java

Do the best thing.

Heil-Hardcore

Let It Real

duryudana16

Just another WordPress.com site

fatirhani

Just another WordPress.com site

DO & SHARE

FIXIT, HOWTO, TIPS, etc...

Yudi hariyanto

Cerita, Minda dan Opiniku

Jual Pohon Tin 081213198491

Pohon Tin, Buah Tin, Ara, Buah Surga, Figs, Ficus carica l.

sandaljepitindonesia

This WordPress.com site is the bee's knees

Beckhem's Blog

Yuk Sharing

rahman510

Just another WordPress.com site

rachmadwidodo's weblog

dimana sarang angin dituju, sumber mata air dicari untuk saling berbagi

Blog Jelek

Tips | Info | Banjarnegara | Free Download | Sharing | Event | Blogger Banjarnegara

Kronik

The more you know, the more you realize you don't know anything. The more you travel, the more you realize you haven't seen anything. [Socrates-wm]

SPACE? Romantic

Human Resources | Business | Automotive | MotoGP | Music | Others

"ANRAKK" (Anak Rantau Karanggayam Kebumen)

"BERDIRI SAMA TINGGI DUDUK SAMA RENDAH"

produkrakyat

GRUBIKu - Gerakan Rakyat Untuk Bangun Indonesia Kuat - Produsen Dan Pemasar Produk Rakyat - SEMUANYA ADA DI SINI - APAPUN KEBUTUHAN ANDA PRODUKRAKYAT SIAP MELAYANI - Contact Us : 0274-9262457, 0274-8569262, 087738728524, 085878940010, 085217712901 Pin BB : 27a20f9c. Apapun Produk Anda, Segeralah Bergabung Dengan GRUBIKu GROUP Demi Terwujudnya Cita-cita INDONESIA KUAT. Kirimkan Data Produk Dan Penawaran Anda Ke ProdukRakyat melalui E-mail : produkrakyat@gmail.com

Rubber Cookie

Tentang balapan, motor, motor dan motor

nmax155

nmax155

tidak menarik

my oddity place

Dapoer Kampoeng

Just another WordPress.com weblog

chemist is friendly

Tuhan adalah satu-satunya mistery abadi

dayakuda.wordpress.com

Blog Otomotif ,Semakin Dibutuhkan Oleh Konsumen.

Fanny Wiriaatmadja

Introducing the Monster Inside My Mind

LEMABANG 35 Wordpress.Com

Selamat Datang di Blog Wong LEMABANG.

HRM® Corp

¤ Personal Blog Otomotif Roda Dua ¤

Nusantaraku

Nusantaranews- Informasi, Fakta dan Opini

Sepenggal Persinggahan

Saya tuliskan dan terbitkan di blog ini mengenai apa - apa yang saya pikirkan, saya lihat, saya amati, saya pelajari atau yang saya senangi. Tidak ada tujuan apa - apa selain hanya untuk sekedar menuliskan saja. Kalau ada yang mau membaca atau sekiranya ada yang bisa dimanfaatkan dari blog ini, Alhamdullillah.

motomazine.com

motorcyle and life news

ncca19.wordpress.com

Review situs, Freeware, Teknologi, Kesehatan

sekedar bercerita

disini aku akan berbagi dunia dengan mu

Uungferiblog

Blog Informasi Otomotif

www.abdul-hamid.com

catatan harian seorang abah

SUZUKI EVERY INDONESIA

Taking care your rides

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 2,272 other followers